10 Tip Dalam Memilih Hidangan Yang Baik

Beberapa hari yang lalu, kebetulan melihat informasi dari USDA (United States Department of Agriculture) atau Departemen Pertanian Amerika Serikat tentang cara memilih hidangan yang baik dalam bahasa Indonesia. Wah, sampai terkagum kagum.

Intinya adalah untuk membantu anda hidup sehat dan menyeimbangkan kalori. Almarhum nenek selama hidup badannya tetap kurus, karena beliau makannya sering tapi porsinya kecil. Mungkin itu rahasianya untuk menjaga berat badan supaya bisa tetap kurus.

Inilah 10 tip dari “Pilihan Hidangan Saya,” melalui USDA.

#1. Keseimbangan kalori

#2. Nikmatilah makanan anda, namun kurangi jumlahnya

#3. Hindarilah porsi yang berlebihan

#4. Makanan yang layak dimakan lebih sering

#5. Jadikanlah hidangan anda berupa separuh buah-buahan dan separuh sayur-sayuran

#6. Beralihlah kepada susu bebas lemak atau susu 1% rendah lemak

#7. Jadikanlah olahan padi-padian menjadi padian yang utuh

#8. Makanan yang layak dikurangi

#9. Bandingkanlah sodium dalam makanan anda

#10. Minumlah air bukan minuman yang manis

p1050660

Kemudian, iseng2 saya coba online tools, salah satunya “My Plate Daily Checklist,” yang ada di situs ChooseMyPlate.gov.

Saya masukan data: wanita 40 tahun, berat badan 120 lbs (=54 kg), tinggi 5 ft 1 in (154,9 cm)=, dan kurang dari 30 menit aktifitas moderat.

Inilah pola makanan yang disarankan (pdf), berdasarkan 2600 kalori yang dikonsumsi per hari:

  • 2 cups buah-buahan
  • 3,5 cups sayur-sayuran
  • 9 ounce equivalents grains (1 oz grains = 1 potong roti). Note: 1 ounce = 0.28 ons
  • 6,5 ounce equivalents protein (1oz protein = 1 oz daging/ayam/seafood atau 1 telur)
  • 3 cups dairy (1 cup susu/yogurt atau 1,5 oz keju)

my-plate-daily

Kemudian kami mencoba juga untuk pria dengan data hampir sama, ganti berat badan 130 lbs (=58 kg), dan tinggi 5 ft 3 in (=160 cm), dan <30 menit aktifitas yang moderat.

Ternyata pola makanan yang disarankan sama saja – My Plate Daily List (pdf).

Kalau ingin mengetahui lebih lanjut menurut personalitas data anda berdasarkan jumlah kalori, jenis makanan, aktifitas olah raga, dan berat badan — silakan mencoba online tool — Super Tracker disini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s